Asal Usul Ditemukannya Air Conditioner / AC Pertama Kali

Asal Usul Ditemukannya Air Conditioner – Sejak jaman Romawi Air Conditioner atau yang sering kita sebut AC sebetulnya sudah ada. Di mulai dari membuat sebuah penampung air yang mengalir di dinding rumah / ruangan, sehingga dapat menurunkan suhu pada ruangan tersebut.

Namun pada saat itu hanya orang-orang terterntu yang bisa membuatnya. Kebanyakan adalah kalangan bangsawan atau orang-orang kaya. Karena untuk membangun semacam itu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Selain membutuhkan air yang cukup banyak, juga bangunan yang di buat tidak seperti bangunan pada umumnya.

Kemudian seorang ilmuan asal Inggris yang mempunyai nama Michael Faraday menemukan cara baru mendinginkan udara pada tahun 1820 dengan memakai Gas Amonia. Dan pada tahun 1842 seorang dokter di rumah sakit Apalachicola yang ada di Florida Amerika Serikat menemukan metode untuk mendinginkan ruangan di rumah sakit tersebut.

Panggil saja Dr. Jhon Gorrie, beliu adalah seorang yang menemukan dari pada teknologi Air Conditioner / AC. Akan tetapi sebelum teknologi tersebut rampung dengan sempurna, beliu sudah meninggal duluan yaitu pada tahun 1855.

Asal Usul Ditemukannya Air Conditioner Pertama Kali

asal usul ditemukannya air conditioner

Asal usul ditemukannya air conditioner tidak berhenti di situ, kemudian seorang Insinyur asal New York Amerika Serikat bernama Willis Haviland Carrier telah menyempurnakan penemuan dari Dr. Jhon Gorrie. Namun AC tersebut di gunakan untuk keperluan percetakan dan industry, bukan untuk memenuhi kepentingan atau kenyamanan manusia.

Baru kemudian pada tahun 1927 penggunaan AC di kembangan untuk perumahan di sebuah rumah yang berada di Mineapolis – Minnesota pertama kalinya. Seperti yang kita ketahui sekarang, saat ini AC sudah banyak di gunakan di semua sector. Tidak hanya di lingkungan industri saja, melainkan sudah di pakai di perumahan dan perkantoran maupun instansi terkait lainnya.

Di mulai dari berbagai macam bentuk, hingga ukuran AC ada yang kecil sampai yang besar. Walaupun begitu, pada intinya semua masih berfungsi sama yaitu untuk menurunkan suhu ruangan. Sehingga menghasilkan udara yang sejuk dan orang akan merasa nyaman berada di ruangan tersebut.

Ketika musim panas telah datang, kita sering menggunakan kipas angin atau mesin penyejuk ruangan ( Air Conditioner ). Sebab, hawa sejuk yang ditimbulkan dari kipas dan AC sangat diperlukan untuk meredam hawa panas yang kadang dapat menggangu aktivitas kita.

Sehingga, tidak ada salahnya kita berterima kasih kepada Dr. Jhon Gorrie yang telah berhasil mencetus pembuatan AC. Sebab, dengan hawa dingin dari AC kita masih bisa beraktivitas dengan tenang walaupun udara di luar ruangan sangat panas.

Namun perlu anda tahu juga, bahwa ternyata John menciptakan AC karena beliu terinspirasi oleh rasa kepeduliannya terhadap orang yang sedang sakit. Suatu kisah, sebenarnya John adalah warga Negara Amerika Serikat, dan beliu adalah seorang dokter.

Gagasan dia membuat AC di awali dengan banyaknya pasien yang menderita sakit dengan gejala demam tinggi. Saat itu suhu udara sangat panas, sehingga pasien merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, membuat pria kelahiran pada 3 Oktober 1802 di Charleston, California Selatan ini berpikir keras bagaimana supaya suhu tubuh para pasien dapat turun.

Kemudian ketemulah ide tersebut setelah dia melihat kipas angin yang berada di depannya. Lalu ia mengambil bongkahan es batu, kemudian ia memasangnya di depan kipas angin sehingga tersebarlah ke seluruh ruangan hawa dingin dari es batu tersebut.

Dari kejadian itu, maka Dr. John Gorrie menemukan ide untuk membuat mesin pendingan / AC, dan serius dalam pembuatannya. Akhirnya, pria dari lulusan kedokteran dan ilmu bedah dari sebuah universitas di New York ini merancang mesin eksperimen untuk membuat es, yaitu pada tahun 1844.

Mesin tersebut berkerja dengan metode hukum fisika, dimana gas yang lebih panas jika mengalir menuju gas yang lebih dingin akan menghasikan panas. Sehingga cara kerja mesin pendingin tersebut mengkompres gas hingga menjadi panas, lalu gas tersebut di tekanannya di turunkan dengan cara di alirkan ke koil sehingga terciptalah hawa dingin.

Dokter yang mempunyai nama panjan Jhon Gorrie tersebut, akhirnya memutuskan berhenti menjadi dokter pada tahun 1845. Kemudian ia terus mengembangkan penemuannya, hingga enam tahun kemudian dia berhasil meraih hak paten untuk yang pertama kalinya dari sebuah mesin penyejuk ruangan. Inilah pertama kali mesin pendingin ruangan atau sering kita sebut AC di temukan.

Hingga sampai saat ini, mesin tersebut terus berkembang seiring dengan teknologi yang semakin canggih. Ada yang menggunakan Plasmacluster yang di percaya bisa membunuh bakteri di dalam ruangan, sampai teknologi Inverter yang untuk hemat daya listrik.

Wah hebat ya kalau begitu Dr. Jhon Gorrie, ternyata begitu asal usul ditemukannya Air Conditioner. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman anda di sosial media. Sekian dulu, terima kasih

Leave a Reply