Cara Membuat Tampilan Blog Agar Menarik Banyak Pengunjung

Cara Membuat Tampilan Blog Agar Menarik dan SEO Friendly – Mempercantik design blog seindah mungkin bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi hal demikian merupakan kesalahan terbesar yang di lakukan seorang blogger pemula. Menambahkan widget ini itu yang menurut dia bagus, namun malah memperburuk perkembangan blog itu sendiri di masa yang akan datang.

Tampilan blog tidak hanya indah, namun juga harus menarik. Hal ini di lakukan supaya pengunjung betah berlama-lama menelusuri isi blog tersebut. Selain itu design blog juga harus SEO Friendly, yang artinya bersahabat dengan searcg engine seperti Google. Script HTML atau PHP yang ada di dalam blog harus bisa di craw oleh robot mesin pencari. Ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan saat Google mengindex semua isi halaman blog.

Setelah postingan kemaren kita membahas tentang riset keyword. Kini saya akan berbagi tips cara membuat tampilan blog agar menarik pengunjung namun juga SEO di mata mesin pencari. Apakah anda tertarik untuk mengikutinya ? Mari simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Tampilan Blog Agar Menarik Pengunjung

Cara Membuat Tampilan Blog Agar Menarik Pengunjung

1. Memilih Template Yang Responsive

Jika anda mampu dalam hal membuat template blog sendiri, silahkan berkarya semampu anda sehingga menciptakan template yang resposive. Responsive artinya dapat menyesuaikan jika di buka melalui PC / Laptop, Tablet, dan Smartphone. Namun jika anda anda tidak bisa, silahkan cari template yang responsive di Google.

Banyak sekali para develover yang membagikan hasil karya templatenya yang sudah responsive secara gratis. Walaupun ada juga versi premium yang menurut saya sudah sangat SEO Friendly, dengan harga yang cuma-cuma. Hitung-hitung juga untuk menghargai karya seseorang.

2. Mengatur Layout Halaman Blog

Mengapa kita harus mengatur layout ? Hal ini bertujuan agar pengunjung lebih mudah dalam membaca semua informasi yang kita sajikan melalui blog. Ukuran halaman harus lebih besar dari pada sidebar. serta halaman postingan harus berada di kiri dan sidebar di sebelah kanan. Hal ini bertujuan agar robot.txt mengindex halaman postingan terlebih dulu, kemudian bagian sidebar.

Jika anda menggunakan blogger / blogspot, untuk mengatur layout anda bisa pergi ke : Template – Sesuaikan – Tata Letak – Pilih Layout

layout blog

Jika anda tidak mau repot-repot, atau anda blogger berplatform WordPress, silahkan cari template yang menggunakan layout halaman postingan di sebalah kanan dan sidebar sebelah kiri. Banyak template gratis yang seperti itu, silahkan anda googling sendiri.

3. Menggunakan Font Yang Mudah di Baca

Bayangkan jika yang mengunjungi blog anda adalah seseorang orang yang mempunyai usia lanjut. yang tentunya juga sudah mulai berkurangan dalam penglihatannya. Hal ini dapat mempersulit pengunjung membaca isi konten blog jika anda menggunakan font susah di baca dan ukurannya pun terlalu kecil.
Ukuran (size) font pada postingan yang SEO Friendly yaitu 14px – 16px. Font yang bisa anda gunakan antara lain :

  • Arial
  • Verdana
  • Tahoma
  • Helvetica
  • Georgia
  • Timer New Roman
  • Courier New
  • Trebuchet MS
  • Palatino Linotype
  • Roboto

4. Membuat Navigasi Yang Memudahkan Pengunjung

Membuat navigasi yang memudahkan pengunjung tidaklah sulit. Buatlah satu halaman khusus yang isinya daftar isi dari semua postingan blog anda. Ini akan memudahkan pengunjung untuk mencari informasi apa yang mereka cari yang ada di dalam blog anda. Sehingga pengunjung akan dengan mudah menuju link artikel yang mereka cari.

Jika template blog anda menyediakan 2 bagian submenu, maka menu 1 bisa anda isi halaman About, Contact, Privacy, Disclaimer, dan Sitemap (Daftar Isi). Sedangkan menu 2 atau biasanya yang ada di bawah header biasa anda isi halaman kategori dari blog anda. Selain itu saya sarankan juga memasang tombol back to top. Ini akan berguna jika pengunjung membaca artikel anda sampai bawah, akan memudahkan lansung ke bagian atas lagi hanya dengan satu klik.

5. Memasang Tombol Share ke Sosial Media

Sekarang sudah jamannya semua orang mempunyai akun sosial media. Sehingga memasanga tombol sosial media di blog sudah hal yang wajib. Dengan adanya tombol tersebut, maka pengunjung lebih mudah membagikan informasi dari blog anda ke akun mesia sosial mereka.

Walaupun telah banyak jejaring media sosial, namun anda cukup memberi tombol share to facebook, twitter, dan google plus. Karena ketiga media sosial tersebutlah yang paling polular dan di pakai kabanyakan orang. Selain itu memasang terlalu banyak tombol tersebut, juga akan mempengaruhi loading blog yang menjadi lambat.

6. Tidak Terlalu Banyak Memakai Widget Yang Tidak Penting

Meminimal pemakaian widget juga termasuk cara membuat tampilan blog agar menarik dan SEO Friendly. Pakailah widget yang di anggap penting saja. Widget yang menurut saya penting yaitu widget Popular Post, Recent Post, Arsip, Pencarian / Search, dan Ketegori. Sedangkan widget yang justru memberatkan loading blog adalah histat, alexa rank, jam, tanggal, music, dll. Saya rasa widget-widget seperti itu tidak penting dan tidak harus anda pasang.

7. Membuat Ralate Post di Bawah Postingan

Selain memberi internal link di setiap postingan, anda juga wajib membuat ralate post di bawah postingan. Ini bertujuan agar pengunjung juga mengunjungi postingan-postingan anda yang lain, yang tentu masih relevan dan satu kategori. Selain itu hal tersebut juga akan menambah page views pada blog anda, dan Google akan memberi nilai lebih untuk blog yang mempunyai banyak page views.

8. Memberi Ruang Komentar Yang Mudah

Blog adalah media untuk menyampaikan informasi sekaligus untuk berinteraksi antara pemberi informasi dan pengunjung. Sehingga permudahlah pengunjung untuk berkomentar atau menanyakan sesuatu yang belum dia mengerti dari informasi yang anda berikan. Karena saya juga sering menemukan blog yang tidak menyediakan kolom komentar. Sehingga pengunjung akan kesulitan untuk berinteraksi dengan pemilik blog.

Selain itu juga untuk menyambung silaturahmi yang baik antar sesama blogger. Namun biasanya hal tersebut malah justru untuk membuat spam oleh spamer-spamer. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengatur moderasi komentar dengan cara manual. Sehingga anda tahu mana yang benar-benar bertanya dan mana yang hanya ingin spam.

Itu tadi cara membuat tampilan blog agar menarik dan SEO Friendly. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, maka insya’Allah blog anda tidak hanya di sukai google namun juga akan menarik pengunjung untuk membacanya. Selain itu, berarti anda juga sudah memaximalkan SEO Onpage pada blog anda. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share ke media sosial anda agar teman-teman anda juga tahu membuat design blog yang SEO Friendly.

Leave a Reply