Cara Mengatur Heading Tag H1 – H4 SEO Blog WordPress

Cara Mengatur Heading Tag Yang Baik – Mengatur struktur blog memang harus di lakukan saat pertama kali membuat blog. Salah satunya yaitu menggunakan tag heading. Dimana ini merupakan bagian dari optimasi SEO Onpage. Namun sebelum itu, alangkah baiknya kita mengerti apa itu heading tag.

Heading tag pada intinya adalah judul. tepatnya adalah kode HTML yang menekankan bahwa ini sebuah judul pada struktur blog. Dimana Heading tag tersebut mempunyai 6 tingkatan. Heading 1 <H1> merupakan yang paling besar dari bentuknya, atau yang paling penting. Sedangkan heading 6 <H6> adalah tingkatan judul yang paling terendah.

Cara Mengatur Heading Tag

Apa manfaat heading tag dan SEO ?

Tag heading penting untuk SEO. Dimana ini berfungsi untuk memberitahu robot.txt bahwa yang menggunakan heading tag adalah judul. Dengan begitu, mesin pencari bisa membedakan apakah ini judul yang penting dan judul poin yang tidak terlalu penting. Sehingga blog yang menggunakan heading tag yang benar, akan di sukai mesin pencari.

Beberapa heading tag pada blog sebagai berikut.

  • <h1>judul teks</h1>
  • <h2>judul teks</h2>
  • <h3>judul teks</h3>
  • <h4>judul teks</h4>
  • <h5>judul teks</h5>
  • <h6>judul teks</h6>

Namun dari ke 6 heading tag tersebut, hanya H1 sampai H4 yang sering di gunakan pada struktur elemen blog. Sebagai contoh anda bisa lihat tingkatan judul heading di bawah ini.

  • <H1> untuk judul halaman
  • <H2> untuk judul artikel
  • <H2> untuk judul poin artikel
  • <H3> untuk judul sub poin artikel
  • <H4> untuk judul widget

Cara Mengatur Heading Tag <H1> Pada Blog WordPress

Pastikan pada elemen template blog WordPress anda terdapat H1 hanya satu jumlahnya. Caranya cukup mudah, silahkan buka menu Appearance – EditorSingle.php di menu samping halaman template blog anda. Kemudian cari kode seperti dibawah ini atau yang mirip :

class=”title single-title entry-title”><?php the_title(); ?>

Setelah ketemu, sisipkan kode <h1 tepat sebelum kode class, dan sisipkan kode </h2> di akhir kode tersebut. sehingga kodenya akan menjadi seperti ini :

<h1 class=”title single-title entry-title”><?php the_title(); ?></h1>

Jika masih bingung, coba lihat contoh gambar di bawah ini.

Cara Mengatur Heading Tag Pada Blog WordPress

Cara Menggunakan Heading Tag Pada Postingan WordPress

Jika artikel anda cukup panjang, dan mempunyai sub poin dalam setiap pembahasannya. Alangkah baiknya anda menggunakan heading tag pada postingan tersebut. Hal ini bisa memudahkan pengunjung dalam memahami isi artikel anda. Selain itu juga akan di sukai robot.txt search engine dalam merayapi isi konten blog anda.

Untuk caranya pun juga sangat mudah. silahkan pilih paragraf pada menu bar di atas halaman anda menulis artikel di WordPress. Paragraf paling atas merupakan H1 dan yang paling bawah merupakan H6. Untuk sub poin dalam artikel, anda cukup memilih heading tag / H2.

Cara Menggunakan Heading Tag Postingan Blog WordPress

Diatas merupakan cara mengatur heading tag pada blog WordPress yang benar. Dengan kita mengatur heading tag tersebut, maka juga termasuk membuat tampilan blog lebih menarik di mata mesin pencari. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang masih anda belum mengerti silahkan tinggalkan komentar anda di bawah.

2 Comments

Leave a Reply