Cara Riset Keyword Yang Benar Dengan Google Keyword Planner

Bagaimana cara riset keyword yang benar? yang tidak kalah penting hal pertama di lakukan sebelum membuat blog / postingan yaitu riset keyword. Ini merupakan suatu kegiatan optimasi SEO mencari kata kunci yang relevan dengan situs web kita.

Riset keyword adalah mencari kata yang paling sering di gunakan oleh orang, dalam mencari informasi di internet. untuk mendapatkan keyword / kata tersebut kita harus me-riset, tentunya dengan kata-kata yang berhubungan dengan website kita.

Tujuannya agar situs website kita dapat tampil di halaman depan mesin pencari. Dengan begitu, maka website / blog tersebut akan berpotensi besar mendapatkan banyak pengunjung. Karena sebagian besar pengunjung akan meng-klik blog yang ada di 10 barisan pertama halaman google.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai cara riset keyword yang benar dengan google keyword planner. Apakah anda tertarik untuk mengikutinya ? mari silahkan simak berikut ini.

Cara Riset Keyword Yang Benar

Sebelum itu, kita harus mencari kata kunci yang berhubungan dengan situs web kita. Misalnya kita ingin membuat postingan “cara merawat kulkas”. Di sarankan menggunakan long tail keyword jika blog anda masih baru, kecuali anda mempunya ilmu SEO yang super tingkat dewa. Dalam hal ini kita bisa menggunakan tool Ubersuggest.

1# Kunjungi http://ubersuggest.io/
2# Masukan kata kunci yang ingin anda targetkan.
Ketik kata kunci anda, misalnya “cara merawat kulkas”
Mencari Keyword di Ubersuggest

  • Pilih penelusuran dalam bentuk web
  • Pilih lokasi Indonesia jika keyword anda targetkan untuk orang-orang di Indonesia
  • Kemudian klikSuggest

3# Setelah semua keyword muncul, kemudian klik Views as text.
4# Copy semua keyword tersebut dan simpan di komputer anda dalam format file.txt

Setelah kita mendapatkan keyword-keyword tersebut, kini saatnya kita mencari kata kunci mana yang paling banyak di gunakan oleh pengguna internet dan berpotensi mendapatkan banyak pengunjung. Kita bisa menggunakan tool Google Keyword Planner secara gratis.

Cara Riset Keyword Google Keyword Planner

1# Pergi ke Google Adwords : Keyword Planner
2# Kemudian pilih Tools, lalu Perencana Kata Kunci

Riset Keyword Dengan Keyword Planner

3# Kemudian, pilih dapatkan volume penelusuran

Cara Riset Keyword Yang Benar

  • Pilih Dapakan data dan tren volume penelusuran
  • Upload file keyword yang tadi di simpan
  • Klik Dapatkan volume penelusuran

Nah, sampai di sini kita pilah dan pilih kata kunci mana yang paling banyak nilai rata-rata penelusuran per bulan. Perlu di ingat, jika pada data Google Keyword Planner menunjukan 1000 rata-rata penelusuran bulanan, itu bukan berarti blog anda akan mendapatkan 1000 pengunjung jika di halaman pertama. Bisa saja lebih juga bisa kurang dari 1000.

Kemudian setelah anda mendapatkan kata kunci yang tepat, sekarang tinggal satu langkah lagi yaitu menganalisa tingkat persaingan website yang menggunakan kata kunci tersebut. Kita bisa memanfaatkan Extensi browser seperti SEOQuake atau MozBar.

Jika anda tidak mau repot dengan Extensi browser seperti itu. Anda pilih saja keyword yang tidak memiliki jumlah hasil penelusuran di atas dua juta. Pilih saja yang mempunya rata-rata jumlah hasil penelusuran di atas seratus ribu, namun di bawah lima ratus ribu.

Setelah mendapatkan kata kunci yang tepat, kini saatnya mengeksekusi keyword tersebut yaitu dengan membuat konten yang berkualiatas. Dengan begitu maka secara tidak sadar anda telah melakukan optimasi SEO Onpage pada situs web anda.

Oke sekian dulu artikel cara riset keyword yang benar dengan google keyword planner. Semoga ini bisa membantu anda yang masih bingung soal riset keyword, dan semoga dapat menambah semangat anda untuk ngeblog.

Leave a Reply