Cara Setting Permalink WordPress Untuk Optimasi SEO

Cara setting permalink blog wordpress tentu bukan lah hal yang susah-susah amat. Kerena hanya dalam waktu hitungan menit saja kita bisa mengatur URL / permalink tersebut. Bicara soal permalink tentu sudah tidak asing lagi bagi seorang blogger. Namun hal ini tentu akan terasa aneh bagi seseorang yang baru belajar menekuni kegiatan blogging.

Jadi, tidak ada salahnya kita mengetahui terlebih dahulu, apa itu permalink?. Apa hubungannya dengan SEO ? . Sebelum akhirnya kita mengetahui cara setting / mengatur permalink di wordpress agar lebih SEO friendly.

Permanen Link atau biasa kita singkat permalink dalam bahasa Indonesia artinya tautan permanen. Namun, tautan yang di maksud bukan tautan link yang mengarahan ke halaman atau postingan pada blog. Melainkan arti permalink lebih mengarah kepada URL.   Istilah permalink di tujukan untuk URL pada situs web atau blog, baik halaman statistic maupun posting.

Baca juga : Cara Membuat Internal Link Blog WordPress Yang Relevan

Permalink bersifat permanen, sehingga ini menjadi alamat atau identitas pada sebuah halaman blog. Selain itu sifatnya juga unik, yang artinya tidak boleh sama satu dengan yang lainnya dalam sebuah web atau blog. Untuk melihat permalink sebuah pada sebuah blog, silahkan lihat di address bar browser anda. Contoh dari permalink halaman ini adalah : https://inforudi.com/cara-setting-permalink-blog-wordpress-optimasi-seo

Pada tulisan yang saya tandai warna hijau, itu merupakan inti dari permalink tersebut. Jadi permalink juga bisa di artikan bagian URL yang berada setelah domain situs web atau blog.

“Penting nggak sih permalink untuk kebutuhan SEO ?”

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa permalink merupakan identitas unik pada sebuah halaman web atau blog. Saya rasa sangat penting mengoptimalkan permalink blog untuk kebutuhan optimasi mesin pencari atau SEO. Saking pentingnya, tidak di sarankan terlalu sering mengatur struktur permalink. Sangat di anjurkan hanya sekali mengaturnya, yaitu saat pertama kali membangun blog. dan bila di bilang ini adalah langkah anda untuk mengawali optimasi SEO onpage.

Baca juga : Optimasi SEO Onpage Website / Blog Paling Ampuh

Cara Setting Permalink Blog WordPress Agar Lebih Optimal

Setiap situs memiliki struktur permalink yang berbeda-beda untuk halaman atau postingan. Salah satunya pada wordpress self hosted. Disini kita bisa memilih pola atau struktur permalink untuk blog kita. Caranya, silakan login ke dashboard, kemudian pilih menu pengaturan -> pilih sub menu pengaturan “Permalink”. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

cara setting permalink blog wordpress

Secara default wordpress self hosted struktur permalinknya menggunakan https://domain/?p=123. Akan tetapi, struktur seperti itu tidak mendriskipsikan isi sebuah konten pada postingan. Sehingga sangat tidak dianjurkan menggunakan pola atau permalink seperti itu untuk optimasi mesin pencari. Karena mesin pencari ( Google, Yahoo, Bing ) menampilkan permalink tetap di bawah sebuah judul dalam hasil penelusurannya. Sehingga bisa di katakan permalink di jadikan acuan kedua untuk pencarian di SERP setelah judul.

Dari ke enam pilihan struktur atau pola permalink di atas, pilihlah “Struktur Tersuai” berbentuk https://namadomain/%postnama%/ untuk optimasi permalink blog wordpress anda. Karena struktur tersebut di rasa yang paling SEO Friendly untuk sebuah permalink.

Sebelum anda membuat permalink atau update posting an. berikut ada beberapa trik cara setting  permalink blog wordpress agar SEO Friendly.

Tips Membuat Permalink Blog WordPress

1. Manfaatkan Fitur Costum Permalink

Blog wordpress self hosted menyediakan fitur “Costum Permalink&”. Dengan ini kita bisa mengedit dan memasukan sertakan kata kunci apa saja yang tidak ada pada judul postingan. Sehingga kita bisa memasukannya pada permalink ini. Fitur ini letakan tepat di bawah kita membuat judul saat membuat posting.

cara edit costum permalink di blog wordpress

2. Buatlah Permalink Yang Sederhana

Seperti yang sudah saya ulas di atas, permalink adalah alamat atau identitas halaman atau posting sebuah web atau blog. Maka buatlah URL atau permalink sederhana mungkin. Singkat dan jelas, serta mengandung kata kunci halaman atau postingan tersebut. Hal ini di tujukan agar orang mudah mengingat permalink atau URL tersebut.

3. Permalink Harus Mengandung Keyword

Bisa menjadi acuan kedua untuk pencarian di mesin pencari setelah judul. Maka masukan keyword yang relevan untuk halaman maupun postingan pada setiap kita akan membuat permalink.

4. Hindari Menggunakan Kata Penghubung, Simbol, dan Tanda Baca

Usahakan untuk tidak menggunakan kata “di”, “dan”, “atau”, tanda baca “?”, “!”, simbol dan angka atau yang sejenisnya. Biarkan saja tidak logis, karena ingat permalink bukanlah judul atau isi konten.

5. Menggunakan Long Tail Keyword

Jika blog anda masih baru, dan anda belum menguasai banyak tentang SEO. Alangkah baiknya anda menggunakan long tail keyword atau kata kunci panjang. Karena dengan menggunakan long tail keyword blog anda akan mudah untuk bersaing dengan kompetitor lain di mesin pencari.

Jangan lupa baca : Cara Riset Keyword Yang Benar Dengan Google Keyword Planner

Mungkin cukup segitu saja postingan cara setting permalink blog wordpress kali ini. Semoga artikel ini membantu anda yang masih bingung membuat permalink di wordpress self hosted. Oo iya, jika kalian punya trik untuk membuat permalink yang lebih SEO Friendly, silahkan kalian tambahkan di kolom komentar !.

3 Comments

  1. eno

Leave a Reply