Optimasi SEO Onpage Website Paling Ampuh

Optimasi SEO Onpage – Bagaimana cara melakukannya ? Pertanyaan seperti itu pasti sering terlintas di benak anda. Terutama bagi anda yang baru saja mengeluti dunia blogging atau bisnis online. Hal demikian juga yang pernah saya alami saat pertama kali mengenal blog. dan setelah googleing kesana-kemari dan belajar sunggu-sungguh akhirnya mengerti dan paham juga. Walaupun kadang masih ada sedikit yang belum mengerti, namun pada intinya sudah saya pahami dan pelajari serta saya terapkan pada blog yang saya kelola.

Pengertian atau definisi dari pada SEO Onpage adalah sebuah rangkaian optimasi yang dilakukan oleh webmaster di dalam area website / blog itu sendiri. Mulai dari riset keyword dan membuat tampilan blog se-menarik mungkin namun tetap load-nya cepat saat dibuka, sampai dengan menyusun struktur-struktur website yang sesuai dengan TOS Google.

Sedangkan fungsinya yaitu tentu agar website / situs tersebut mendapat nilai yang baik di mata mesin pencari, sehingga dengan begitu maka Google akan menempatkan website yang telah melakukan optimasi SEO Onpage dengan baik dan benar di halaman pertama mesin pencarian.

Optimasi SEO Onpage

Lalu bagaimana cara melakukan kegiatan optimasi tersebut ? Anda tidak perlu bingung dan panik, cara mengerjakan optimasi tersebut cukup mudah, yaitu diantaranya dengan memasukan elemen-elemen penting pada website / blog yang anda bangun. Elemen yang di maksud tersebut adalah :

Riset Keyword

adalah mencari kata kunci yang relevan alias yang banyak di ketik oleh para pencari informasi di internet, sehingga website anda akan dengan mudah tampil di halaman pencarian Google. Jika anda masih bingung, tidak ada salahnya untuk membaca artikel cara riset keyword yang benar.

Membangun Tampilan Website Yang Fast Loading

Tampilan website tidak harus indah, yang terpenting adalah load-nya cepat saat dibuka, dan juga responsive jika dibuka menggunakan Tablet atau Handphone. Jangan gunakan widget-widget yang tidak perlu, karena bisa memberatkan loading blog.

Menggunakan Title Tag

Gunakan title tag yang benar, yaitu h1 untuk judul, dan h2 untuk subjudul. Atau anda juga merubah judul konten menjadi h1 saat berada di halaman postingan.

Menggunakan Meta Discription

Berikan diskripsi singkat yang menarik dan relevan dengan isi konten blog anda, di sarankan kalau bisa yang bersifat membuat orang penasaran untuk membacanya.

Menggunakan Heading

Gunakan heading yang benar pada struktur website anda. ( H1, H2, H3, H4, H5, H6 ), ini berfunsi agar mesin pencari mengenali mana judul postingan dan mana judul website, dan pastikan h1 hanya terdapat satu saja pada setiap halaman.

Membuat URL / Permalink yang SEO Friendly

Jika anda menggunakan WordPress Self Hosting, anda bisa menggunakan struktur url post nama. Contoh url SEO Friendly : http://www.domain.com/post-name/

Membuat Navigasi

Buatlah navigasi yang memudahkan pengunjung, seperti memberi sub menu pada header, dan back to top. Saran saya buatlah halaman daftar isi sehingga penggunjung akan dengan mudah mengetahui isi dari website anda.

Memberi Internal Link Pada Setiap Postingan

Ini berguna agar pengungung bisa mengunjungi halaman-halaman website anda yang lain, sehingga ini juga dapat meningkatkan page view. Google akan memberi nilai lebih pada website / blog yang menggunakan internal link yang relevan.

Dengan anda mengerti dan menaruh elemen-elemen tersebut pada website anda, maka tanpa anda sadari optimasi SEO Onpage sudah anda kerjakan. Untuk langkah-langkah mengerjakannya, akan saya bahas pada artikel saya selanjutnya, maka ikuti terus update artikel dari blog ini, sehingga anda tidak ketinggalan.

Leave a Reply